sharing

Review Drama Korea Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo (2016) : Semua orang berhak jatuh cinta

wfb1

Drama Weightlifting Kim Bok-Joo adalah drama yang saat ini mengisi slot hari Rabu-Kamis pukul 21.55 KST di stasiun MBC. Sebuah kesalahan menurut saya pribadi untuk menempatkan drma ini pada slot ini karena selama ini slot ini adalah puncak dari persaingan tiga stasiun tv besar yang ada di Korea, SBS, KBS, dan MBC. Sebut saja drama-drama populer seperti I Hear Your Voice, The Heirs, My Love from the Star, Kill Me Heal Me, sampai Descendants of the Sun memang sengaja ditempatkan di slot ini untuk persaingan siapa yang akan memimpin rating tertinggi.

Dan persaingan slot ini sudah dimulai sejak awal tahun, yang mana pada saat itu KBS2 menempatkan Descendants of the Sun pada slot ini yang bahkan drama ini telah sukses mencetak rekor tertinggi dari drama My Love from the Star. Persaingan selanjutkan dari slot ini adalah ketika lagi-lagi KBS2 menempatkan Uncontrollably Fond di slot ini, yang mana sebelumnya drama ini sudah digadang-gadang akan menjadi drama yang sukses bahkan dengan promo besar-besaran yang dilakukan oleh KBS seolah-olah memang drama ini benar-benar layak untuk diunggulkan.

Saat itu ketika KBS tengah gencar mempromosikan drama Uncontrollably Fond, MBC memulai persaingan dengan menempatkan W (Two World) di slot yang sama, yang mana ini seolah-olah seperti sebuah tantangan yang dilancarkan MBC untuk mengadu mana drama yang lebih bagus dengan KBS. Sempat saat itu saya khawatir, karena sejak drama School 2013 saya menjadi penggila dari dua orang pemeran utama nya yakni Lee Jongsuk dan Kim Woobin. Dan persaingan antara Uncontrollably Fond dan W (Two World) seperti memecah diri saya, mana yang harus saya dukung? Yah meskipun setelah tayang ada dua kesimpulan yang bisa saya ambil hanya dari meliat episode pertamanya yaitu Uncontrollably Fond adalah drama yang DILUAR EKSPEKTASI sedangkan W (Two World) adalah drama yang MELEBIHI EKSPEKTASI. Untuk penjelasannya mungkin bisa di kolom komentar karena topik yang ingin saya angkat disini bukan tentang dua drama ini.

weightlifting-fairy_1560x872

Kembali ke Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo, mengapa diawal saya katakan bahwa MBC melakukan kesalahan karena menempatkan drama ini di slot Rabu-Kamis karena setelah persaingan-persaingan yang terjadi itu, sepertinya SBS juga ingin kalah. SBS mencoba mengakhiri tahun ini dengan drama yang hebat dan dari penulis hebat juga, The Legend of the Blue Sea. Mengapa saya katakan bahwa ini adalah drama hebat, karena kombinasi antara penulis dan sutradaranya adalah orang-orang yang telah mencetak rekor-rekor terbaik sebelumnya. Sebut saja penulis Park Ji-Eun yang sebelumnya telah sukses dengan My Love from the Star, dan sutradara Jin Hyeok yang sebelumnya telah sukses dengan drama Briliant Legacy, City Hunter, dan Master’s Sun. Tidakkah ini adalah sebuah rencana bunuh diri dari MBC dengan menempatkan drama tersebut untuk bersaing di slot Rabu-Kamis?

Namun terlepas dari kesalahan menempatkan drama ini di slot Rabu-Kamis, saya pribadi menyukai jalan cerita yang dihadirkan oleh Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo. Drama ini menceritakan tentang Kim Bok-Joo yang diperankan oleh Lee Sung-Kyung adalah seorang atlet angkat besi yangmana dia dan temannya bukanlah sosok populer di kalangan lelaki.

fairy_28

weightlifting-fairy-kim-bok-joo-400-x-267

Sedangkan Jung Joon-Hyung yang diperankan oleh Nam Joo-Hyuk adalah seorang atlet renang yang memiliki trauma, trauma tersebut membuatnya sering melakukan kesalahan start dan didiskualifikasi.

njhnam-joo-hyuk-bikin-fans-wanita-mimisan-lihat-potongan-adegan-weightlifting-fairy-kim-bok-ju

Kedua karakter ini kemudian menyadari bahwa mereka adalah teman satu kelas saat sekolah dasar, Bok-Joo yang dulu gendut telah menjadi seorang atlet angkat besi, sedangkan Joon-Hyung yang dulu kecil dan pendiam telah menjadi seorag atlet renang yang tinggi dan seksi (banget). Hehehe.

tumblr_inline_oi9ex83wbs1usz06e_500

fairy02-00064fairy02-00011fairy02-00010fairy02-00033

Kisahnya diawali dari Bok-Joo yang menyukai seorang dokter dari klinik berat badan, yang ternyata dokter tersebut adalah kakak Joon-Hyung. Banyak kebohongan yang coba dilakukan Bok-Joo agar bisa mengikuti kelas diet di klinik tersebut hanya demi bisa bertemu dan melihat si dokter. Padahal tentu saja menurunkan berat badan sangat tidak sesuai dengan profesi atlet yang saat ini tengah ia jalani.

weighlifting-fairy-kim-bok-joo-episode-3-mkv_000033071

weightlifting-fairy-kim-bok-joo-e04-161124-hdtv-h264-480p-ss-mkv_snapshot_05-03_2016-11-25_16-47-12weightlifting-fairy-kim-bok-joo-e04-161124-hdtv-h264-480p-ss-mkv_snapshot_18-29_2016-11-25_16-50-10

Suatu hari saat Joon-Hyung tengah berkunjung di klinik kakaknya, tanpa diduga ia bertemu dengan Bok-Joo dan kemudian dia tahu bahwa Bok-Joo menyukai kakaknya.

drakorindo-com_weightlifting-fairy-kim-bok-joo-e05-161130-hdtv-h264-480p-ss-mkv_000054960

drakorindo-com_weightlifting-fairy-kim-bok-joo-e05-161130-hdtv-h264-480p-ss-mkv_000062300

Saat itulah Bok-Joo meminta Joon-Hyung untuk merahasiakan stastusnya yang seorang atlet angkat besi pada dokter tersebut. Menurutnya ketika seorang atlet angkat besi mengangkat bongkahan besi, ketika itu urat-uratnya pasti akan terlihat, wajah mereka akan menjadi merah, dagu menjadi berlipat-lipat, dan lemuk pada perutnya akan terlihat dari balik ikat pinggang. Itu akan terlihat sangat jelek, itulah mengapa para atlet angkat besi wanita tidak akan pernah mengijinkan kekasihnya datang pada saat turnamamen.

Kisah cinta yang lain datang dari Joon-Hyung, jadi disini diceritakan bahwa Joon-Hyung memiliki mantan kekasih yakni atlet senam bernama Song Si-Ho. Awalnya Si-Ho yang memutuskan Joon-Hyung terlebih dahulu karena ingin fokus pada kompetisi. Yah, Si-Ho disini adalah orang yang menurut saya tidak dewasa karena dia hanya memikirkan dirinya sendiri bahkan dalam berhubungan dengan Joon-Hyung. Ia tidak mau tau kesulitan apa yang pada saat itu tengah dihadapi Joon-Hyung dan memutuskannya secara sepihak. Dan kemudian ketika kompetisi yang diikutinya gagal dan kembali ke pelatihan ia meminta kembali pada Joon-Hyung, tentu saja Joon-Hyung menolah mentah-mentah.

fairy05-00377fairy05-00387

Dari situlah kemudian Bok-Joo dan Joon-Hyung menjadi dekat, Joon-Hyung sering membantu Bok-Joo untuk melancarkan kedekatan dengan kakaknya, dan bahkan Bok-Joo kemudian juga menjadi orang yang memberi semangat pada Joon-Hyung untuk mengatasi traumanya.

Kisah cinta yang cukup realistis menurut saya, karena terlepas dari apapun status seseorang, seperti seorang atlet angkat besi yang secara penampilan mungkin tidak akan pernah terlihat sisi feminimnya, tapi dia juga berhak jatuh cinta. Hanya saja bagaimana dia mencoba megelola kehidupan percintaanya itulah yang menjadi titik penting disini, bukan dengan berbohong dan menutupi bahwa dia adalah seorang atlet angkat besi, tapi yang lebih baik adalah kejujuran.

Selain itu poin penting lainnya adalah ketika seseorang yang kita cintai tidak mencintai kita, maka tetap saja itu bukan hal yang bisa kita paksakan. Prinsip sederhana yang dipegang oleh Bok-Joo ketika dia datang ke klinik berat badan adalah bukan untuk membuat sang dokter balik mencintainya, tapi ia hanya ingin melihat orang yang dia cintai dari dekat dan ingin menjadi dekat dengan orang yang dia cintai.

Dan poin lainnya lagi adalah, bahwa cinta itu bukanlah hal yang kita tutupi. Tidak ada hal yang disembunyikan antara Bok-Joo dan Joon-Hyung, sebaliknya Bok-Joo bahkan bertingkah sangat biasa saat bersama dengan Joon-Hyung, tidak mengurangi porsi makannya yang tentu saja untuk ukuran normal atlet angkat besi adalah ukuran diatas normal orang biasa. Intinya tidak ada kata jaim. Dan itulah perasaan cinta itu akhirnya muncul.

Mungkin cerita seperti ini adalah kisah yang sangat biasa, dan mungkin sebelumnya sudah banyak drama yang mengangkat jalan cerita seperti ini. Tapi tidak dengan kemasannya, jika kita tidak melihat drama ini mungkin kita juga tidak akan pernah tahu dan tidak akan pernah paham bahwa ada atlet angkat besi yang juga seorang manusia biasa, seorang wanita biasa yang juga bisa jatuh cinta.

Itu tadi kelebihan atau hal-hal baik dari drama ini yang bisa saya temukan, sedangkan untuk kekurangannya menurut saya lebih kearah fashion yang digunakan di drama ini. Oke, saya memang bukan seseorang dengan selera fashion yang tinggi, tapi hanya dari sekilas kita akan menemukan bahwa fashion yang dipakai di drama ini benar-benar buruk. Pertama adalah ketika press conference, sungguh saya tidak habis pikir pakaian apa yang coba dipakaikan sang fashion stylist kepada Lee Sung-Kyung? Rasanya saya pengen teriak, hellooo… plis ini Lee Sung-Kyung yang model cantik itu di dandanin model apa??

cxr_sflxaaeypdv20161115_1479188021_80841100_215099377_1014355752009043_8158494488482807808_n

Entah ini sengaja atau tidak, maksudnya adalah karena tuntutan peran yang mana Kim Bok-Joo memang seorang atlet angkat besi jadi dia pasti tidak mengerti tentang fashion jadi dandanannya dibuat semrawut, padahal biasanya kan dia cantiiiiiiiik banget.

9c8394b848586b8523283d4a1772973801771fbf_hq

Oh iya, btw kenapa saya suka sama drama ini juga karena pemainnya sih. Lee Sung-Kyung dan Nam Joo-Hyuksama-sama berada di agensi yang sama YG Entertaiment. Dua-duanya sama-sama memulai karir dari model dan pernah teribat dalam pemotretan yang sama.

bd44de76dc1d4c9313a45b770d5cdd39a62baabc_hqnamjoohyuk-leesungkyung-socarweightlifting-fairy-kim-bok-joo-1

Waktu pertama tau kalau mereka berdua bakal dipasangkan dalam drama, saya bener-bener seneng karena dua orang ini sama-sama cantik dan ganteng, dan sama-sama favorit saya, hehehe. Meskipun ini bukan project pertama mereka dalam satu drama (sebelumnya mereka pernah main bareng di Cheese in the Trap) tapi kan disitu mereka nggak jadi pasangan, dan jarang ada scene mereka barengan. Ahh, btw ngomongin pasangan saya jadi penasaran sama adegan kissingnya mereka nanti bakalan seperti apa?? Hehehehe..

cheese-in-the-trap-poster6hwnzjudowcjtmpuqznx

Oh hampir kelupaan, saya pertama nonton drama ini juga karena Lee Jongsuk jadi cameo disini, hehe. Jadi Jongsuk sama Lee Sung-Kyung ini memang udah temenan, mungkin karena mereka berada dalam satu agensi yang sama jadi terjalin persahabatan. Sebelumnya Jongsuk pernah ngirim truk makanan waktu syuting terakhir drama Doctors yang mana saat itu ditujukan untuk tiga orang Yoon Kyunsang (kakaknya waktu di drama Pinocchio), Park Shinhye (lawan mainnya di Pinocchio) dan Lee Sung-Kyung ini.

jongsuk2354325

Di drama ini Jongsuk muncul di episode 2 berperan dengan nama aslinya sendiri yaitu Lee Jongsuk, atlet cabang olahraga tembak (peran di drama W) dan karena kebetulan Kang Ki-Young juga main di Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo jadi ada adegan antara Jongsuk, Sung-Kyung, sama Ki-Young ini. Terus waktu adegan Jongsuk ini mendadak diputar OST nya W (Two World) oke dan saya baper waktu itu, kangen sama W, huhuhu..

weightlifting-fairy-kim-bok-joo2lee-jong-suk-2lee-jong-suk-lee-sung-kyung

Recomended untuk ditonton. Score: 7/10.

Iklan

2 thoughts on “Review Drama Korea Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo (2016) : Semua orang berhak jatuh cinta

  1. wahhh thank u review nya… rapi dan apik banget…
    saya pribadi lebih suka drama ini ketimbang drama lainnya. mungkin karena ceritanya ringan. jadi enak aja bawaannya.
    saya suka banget kayak kesannya penulisnya mau bilang kalau jadi diri sendiri itu lebih baik daripada pura2. justru karena bokjoo jadi diri sendiri, joonhyung bisa suka dan cinta sama dia.
    sebenarnya drama ini sedikit mengingatkanku sama beautiful gongshim. penggambaran ceweknya yang serampangan rambut pendek sampai kesan cewek tersebut nggak menarik buat cowok2 tuh agak mirip.
    terakhir, di tunggu review-review bermanfaat lainnya. keep writing ^^

    1. Thank you
      bener bgt, dengan jadi diri sendiri seseorang yang mungkin nggak akan pernah kita sangka ternyata justru bisa nerima kita apa adanya. dan kalo aku pribadi sih juga suka tema lingkungan yang diangkat tentang atlet angkat besi yang mungkin nggak pernah ada di bayangan kita selama ini, kalau ada dari mereka juga yang wanita dan butuh cinta. hehe.
      pengen juga sih bikin review drama-drama lain, tp kayaknya belum menemukan waktu yang pas, kalaupun ada yang mau ditulis juga udah abis dramanya, hehe.. tapi semoga ke depan nanti bisa lebih sering update review lagi deh, amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s